Tips

Rabu, 13 November 2013

Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Haid

http://coklat-dach.blogspot.com/2013/11/makanan-yang-baik-dikonsumsi-saat-haid.html
Bagi para wanita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah PMS (pre-menstruation syndrome). Biasanya ditandai dengan perut keram, mual, emosi naik turun dan nyeri kepala. Jika sudah begitu pasti sangat menyiksa dan juga mengganggu aktifitas Anda. Agar terhindar dari PMS sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang baik dikonsumsi saat haid. Beberapa makanan juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik dan juga bisa menghilangkan stres.

 Berikut makanan yang sebaiknya Anda konsumsi saat haid :
  • Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Kompleks
Ada dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana seperti nasi, roti putih, dan mie. Sedangkan karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi saat haid adalah karbohidrat kompleks. Selain itu karbohidrat kompleks juga bisa untuk menurunkan berat badan.
Karbohidrat kompleks terdapat pada :
<> Biji gandum : akan membuat tubuh Anda stabil saat datang bulan.
<> Kacang-kacangan : baik untuk tubuh karena kaya akan zat besi yang berfungsi sebagai sumber energi selain itu untuk mengembalikan keseimbangan tubuh. Terdapat pada kacang panjang, buncis dan sebagainya.
<> Kacang dan biji-bijian : jenis kacang yang sangat baik dikonsumsi saat haid adalah kacang almond dan kenari. Jangan memilih kacang yang mengandung banyak garam karena akan menyebabkan retensi air selama haid.
<> Sayuran Hijau : saat haid sangat baik mengkonsumsi sayuran berdaun hijau karena mengandung zat besi dan vitamin B yang akan menjaga siklus menstruasi tetap normal. Juga, salah satu yang dibanggakan dari sayuran adalah kandungan seratnya yang tinggi. Sayuran tersebut seperti bayam, kangkung, sawi dan sebagainya.
<> Ubi manis : kaya akan vitamin c, serat, dan potassium yang tinggi. Manfaat ubi manis juga akan lebih terserap apabila Anda mengkukusnya. Hindari melakukan penggorengan terhadap ubi karena nutrisinya bisa rusak.
  • Makanan Yang berkalsium Tinggi
Konsumsi kalsium 1000 - 1300 mg sehari akan meningkatkan suasana hati, perilaku, rasa sakit dan mengurangi kembung selama siklus haid. Wanita membutuhkan setidaknya 1.200 mg kalsium tiap harinya. Beberapa sumber kalsium yang baik adalah brokoli dan yogurt.
  • Dark Chocolate Atau Coklat Dach
Dark chocolate mengandung biji kakao 60% atau lebih dan mengandung antioksidan yang meningkatkan serotonin sehingga mengkonsumsinya selama haid dapat memperbaiki mood Anda. Sedangkan Coklat Dach terbuat dari dark coklat dan bahan-bahan herbal lain sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit saat haid dan juga melancarkan haid. Anda dapat memesan Coklat Dach di sini.
  • Minum Air Putih
Banyak minum air putih saat haid dapat membantu meringankan kembung di perut Anda. Selain itu air putih dapat mencegah sembelit yang seringkali dirasakan saat menstruasi.
  • Makanan Yang Mengandung Magnesium
Magnesium dapat membantu mengurangi penyimpanan cairan di dalam tubuh. Makanan yang kaya magnesium seperti kacang-kacangan, tahu dan kacang tanah dapat mengurangi kembung saat menstruasi. 
  • Makanan Yang Mengandung Vitamin
Sekitar 400 unit vitamin E sehari dapat mengurangi payudara bengkak. Sumber Vitamin E  terdapat pada alpukat dan kuning telur. Vitamin B6 juga dapat membantu untuk meringankan kembung, mengurangi gejala depresi akibat menstruasi dan membantu mengeluarkan air lewat ginjal 50 - 100 mg/hari. Vitamin B6 terdapat dalam kentang, pisang dan oatmeal. Vitamin lainnya yang baik dikonsumsi adalah Vitamin C dan zinc yang dapat menjaga kesehatan sel telur dan sistem reproduksi seperti pada anggur, lemon, jeruk dan strawberry. 
  • Konsumsi Daging merah, Ikan Salmon Dan Tuna
Daging merah mengandung zat besi yang berfungsi mencegah Anda dari anemia dan gejala PMS. Sedangkan ikan salmon dan tuna mengandung lemak tak jenuh atau omega 3 yang dapat meredakan payudara  bengkak, depresi, mudah marah, kembung dan retensi cairan. Penderita PMS disarankan meningkatkan asupan omega-3 fatty acid (kebanyakan ditemukan dalam makanan laut ) dan minyak nabati.
  • Hindari Garam Dan Kafein
Cara terbaik untuk mengontrol asupan garam adalah dengan menghindari makanan siap saji atau junk food, yang biasanya mengandung banyak garam. Terlalu banyak mengkonsumsi junk food dapat menyebabkan depresi. Tidak mengonsumsi kafein dapat bantu megurangi kembung di perut. Kafein dapat meningkatkan asam lambung dan bisa berakibat buruk pada usus yang sensitif.

Itulah makanan yang baik dikonsumsi saat haid sehingga bagi para wanita tidak usah takut lagi mengalami PMS dan juga dapat menjalankan aktifitasnya dengan sehat.
Selamat Mencoba...!!!

Tidak ada komentar: