Tips

Selasa, 26 November 2013

Fakta Unik dan Menarik tentang Coklat

ordercoklatdach.com
Coklat selain enak juga mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah Coklat Dach. Coklat Dach terbuat dari coklat hitam dan bahan-bahan herbal yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Seperti menaikkan atau menurunkan berat badan, menyehatkan kulit, mencegah dan mengobati osteoporosis, kanker, insomnia, gangguan hormonal dan stres. Tapi tahukah Anda selain mempunyai banyak manfaat ternyata coklat juga mempunyai fakta unik dan menarik yang mungkin Anda belum ketahui.

 Kata coklat berasal dari kata "xocoatl" yang dalam bahasa Aztec berarti minuman yang rasanya pahit. Namun bangsa Indian Mexica menyebutnya dengan "chocolate" yang susunan katanya berasal dari choco yang artinya busa dan atl yang artinya air.

 Coklat digunakan sebagai mata uang oleh penduduk Aztec dan Maya. Biji kakao dulu sangat berharga bagi suku Maya, sampai-sampai mereka menggunakannya sebagai mata uang. Sepuluh biji kakao bisa membeli seekor kelinci, bahkan seorang pelacur. Sedangkan seratus biji kakao bisa untuk membeli seorang budak, dimana saat itu perbudakan masih diperbolehkan. Saat penduduk Aztec datang, mereka mengadopsi tradisi ini dan menggunakan biji kakao sebagai mata uang.

Suku Olmec di Mexico Selatan menggunakan coklat sebagai makanan pokoknya pada masa 1000SM. Mereka pun makan coklat sepanjang waktu. Sungguh aneh tapi nyata...!!!

Coklat batangan 2 kali lebih banyak dikonsumsi oleh kaum perempuan dibanding kaum laki-laki, namun untuk minuman coklat sebaliknya.

Selain mengandung kafein coklat juga mengandung zat theobromine. Zat ini bisa mencegah Anda dari kantuk. Namun jika dikonsumsi berlebihan, zat ini bisa menyebabkan keracunan, binatang atau orang lanjut usia lebih rentan keracunan zat ini.

Coklat tidak menimbulkan jerawat. Penyebab jerawat adalah hormon bukan karena makanan. Penelitian sekitar 30 tahun yang lalu mengungkapkan bahwa makan cokelat tidak ada hubungannya dengan munculnya jerawat.

Coklat mengandung antioksidan alami yang berfungsi menghambat kerutan atau garis yang menunjukkan penuaan di wajah karena polusi ataupun radiasi. Kandungan flavonoid pada coklat disebut flavonol dan procyanidins baik untuk jantung dan dapat mencegah timbulnya kanker. Semakin tinggi kandungan coklat semakin baik manfaatnya bagi kesehatan.

Coklat tidak akan membuat gemuk, karena tidak ada makanan yang mengakibatkan kegemukan apabila dikonsumsi dengan wajar dan tidak berlebihan.

Cokelat dapat membuat rileks karena mengandung zat nourotransmitter. Zat tersebut akan memicu pengeluaran hormon-hormon pembuat senang dan rileks seperti dopamin. Oleh karena itu, coklat sangat cocok dikonsumsi saat seseorang sedang stres dan capek yang berlebih. Anda dapat membaca cara mengatasi stres di sini.

Membuat daya ingat lebih kuat dibanding dengan orang yang tidak mengkonsumsi coklat. Coklat dapat membuat aliran darah ke otak menjadi lebih lancar. Sehingga dapat membantu meningkatkan kinerja otak.

Dark chocolate atau coklat hitam adalah coklat yang paling pahit tapi juga paling sehat karena memiliki kadar gula yang rendah dibanding jenis coklat yang lain. Cokelat hitam dapat membuat mood lebih baik terutama bagi perempuan yang terkena syndrom jelang mestruasi karena cokelat mengandung magnesium asam lemak omega tiga dan enam yang mampu meningkatkan suasana hati. Selain itu ada juga makanan yang baik dikonsumsi saat haid agar Anda tidak terkena PMS.


Itulah fakta-fakta seputar coklat yang mungkin belum Anda ketahui.
Semoga bermanfaat..!!!

Tidak ada komentar: